Cara Mengajarkan Materi Barisan dan Deret Aritmatika


  1. Dengan menggunakan ICT, berikan konteks yang berhubungan dengan aritmatika. Misalnya, gambar “teller dengan nasabah bank”, gambar “penggaris”, gambar “speedometer”, dll. Sehingga, meningkatkan semangat siswa untuk mempelajari materi tersebut.
  2. Setelah diberikan konteks tersebut, tanyakan kepada siswa, “kira-kira, materi apa yang akan kita pelajari hari ini berdasarkan gambar tersebut??”, sehingga membuat siswa penasaran.
  3. Beritahu materi sebenarnya yang akan diberikan hari ini. Berikan juga manfaat mempelajari materi ini untuk kehidupan sehari-hari, sehingga memotivasi siswa untuk belajar.
  4. Sebelum masuk materi “Barisan dan Deret Aritmatika”, tanyakan dulu “apa itu barisan??” dan “apa itu deret??”. Sebelumnya, lakukan aktivitas di kelas, dengan menyuruh siswa menemukan konteks yang berhubungan dengan materi aritmatika, kemudian ambillah salah satu konteks, misalnya penggaris. Tanyakan pada siswa, “ada apa saja sih di penggaris itu?? ”.
  5. Setelah itu, beritahu kalau di penggaris ada angka yang berjarak sama. Atau dengan kata lain, di penggaris ada angka yang mempunyai pola tertentu, itulah yang dinamakan “Barisan”. Berikan contoh lain mengenai barisan, misalnya: barisan bilangan genap, barisan bilangan asli, barisan bilangan bulat, dll.
  6. Kemudian, tanyakan pada siswa,”pernahkah kalian berpikir untuk menjumlahkan bilangan-bilangan yang disebutkan tadi??”. Beritahu kalau barisan bilangan-bilangan yang disebutkan tadi kalau dijumlahkan itulah yang dinamakan “Deret”.
  7. Tanyakan lagi pada siswa,”jadi, apa itu barisan dan apa itu deret??”.
  8. Kemudian masuk ke konteks matematika, dengan memberikan simbol-simbol untuk barisan dan deret tadi.
  9. Sambil melihat powerpoint , tunjukkan pada siswa jika suku pertama adalah a, karena barisan aritmatika ini punya beda yang sama, maka suku kedua bernilai a+b, jika suku kedua ditambah beda b maka akan punya suku ketiga yang bernilai a+2b, begitu seterusnya, sehingga saat di suku ke-n, tanyakan pada siswa, “berapa nilai suku ke-n tersebut??”. Maka didapatlah nilai suku ke-n dari hasil analogi suku pertama, suku kedua, dan suku berikutnya.
  10. Kemudian, berikan aktivitas pada siswa dengan menyuruh menjumlahkan suku-suku aritmatika tadi. Sehingga nantinya didapat nilai jumlah suku ke-n.
  11. Berikan refleksi dengan mengingatkan siswa nilai suku ke-n dan nilai jumlah suku ke-n tadi.
  12. Berikan masalah yang terjadi sehari-hari yang berhubungan dengan aritmatika. Setelah selesai, adakan game yang berhubungan dengan materi tadi, sehingga menambah lebih luas wawasan siswa.

Untuk PPT-nya bisa Anda download di sini :

PPT Barisan&Deret Aritmatika

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Mastro ! :)

Master Trigonometry. Lets enjoy to learn about trigonometry and be a master trigonometry :)

Math on Journey

PMRI Blog: mathematics is all around us

Yeni Widiastuti

Smile! You’re at the best Mathematics site ever

Rawa_Math

Always Think in Math

Rindi Antika Sari

Selamat Datang di Blog Pendidikan

Math Zone

Merangkai Matematika Mengubah Dunia

Pembelajaran Inovatif PMRI

Blog Support Pemodelan & Pemecahan Masalah untuk Calon Guru

ImamYupicayee

IT Information,Download Anime Bersub Indo,Theme Anime,Games,Software and other

BERMATEMATUALANG ( Belajar Matematika Unik, Asyik, Lucu, dan Menyenangkan)

Mathematics as a human activity (Freudhental : 1991)

Math Problem Cases

How mathematics should be learned

CATATAN SIMET (Si Math)

SIMET DAN PERMASALAHAN MATEMATIKA-NYA

xy - Math

Source and Share About Mathematics

Rumahtematika

riapuspitasariii.wordpress.com

Math's Rainbow

When you can see the beauty of mathematics

Super SoulMath

All about Education,Mathematics in ICT

Mathematics and Mathematics Education

Push yourself to realize your dreams

%d bloggers like this: